Mengenal Apa Itu World Wide Web? Berikut Penjelasannya

Hallo sobat, kali ini saya akan share tentang Apa Itu World Wide Web. Bagi yang belum tahu atau mengerti sama sekali tentang apa itu World Wide Web atau yang sering disingkat WWW simak penjelasannya dibawah ini.
Mengenal Apa Itu World Wide Web? Berikut Penjelasannya

World Wide Web atau yang lebih sering kita singkat sebagai (www) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip dari hasil risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan dirinya pribadi. Sistem tersebut adalah Program Peranti Lunak yang di beri nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai macam arsip sehingga dapat memudahkan pencarian informasi yang di butuhkan inilah yang kelak menjadi sebuah dasar dari perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

Pada tahun 1989, Setelah itu Berners-Lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, yang kemudian pada tahun 1990 tepatnya bulan Iktober, 'Waring Wera Wanua' sudah dapat di jalankan di dalam lingkungan CERN yaitu Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa. Pada  tahun 1991, WWW secara resmi telah di gunakan secara luas pada jaringan Internet.

Bagaimana WWW Bekerja

WWW bekerja merdasarkan pada tiga mekanisme berikut :
  • Informasi disimpan di dalam dokumen yang sering kita sebut halaman web.
  • Halaman web adalah file-file yang disimpan dalam computer. Komputer tersebut dekanal dengan istilah web server.
  • Komputer yang mengakses isi dari halaman web disebut dengan web clients.
  • Web clients menampilkan halaman web dengan program yang dikenal dengan nama Web Browser seperti Chrome, Firefox, dan Internet Explorer.

Bagaimana Browser Menampilkan Halaman Web

  • Semua halaman web mengandung instruksi-instruksi tentang bagaimana dia akan ditampilkan.
  • Browser menampilkan halaman tersebut dengan cara membawa instruksi-instruksi ini.
  • Instruksi yang paling umum tersebut disebut dengan tag-tag HTML.
Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah ilustrasi bagaimana browser bekerja :

Misalnya kita ingin membuka sebuah halaman dengan URL http://example.org/wiki/World_Wide_Web.

Yang pertama, browser memecah bagian nama server dari URL nya (example.org) ke dalam alamat Protokol Internet menggunakan basis data terdistribusi yang dikenal dengan dengan istilah Domain Name System (DNS). DNS kemudian mencari nama URL tersebut kemudian memberikan alamat IP nya seperti misalnya 208.80.152.2. Browser kemudian meminta resource dengan jalan mengirimkan HTTP request melalui Internet kepada komputer dengan alamat IP tersebut. Browser membuat request tersebut melalui port tertentu supaya HTTP request yang lain (seperti misalnya pengiriman email) dapat tetap ditangani. Protokol HTTP biasanya menggunakan port 80.

Komputer yang menerima HTTP request akan mengirimkan request tersebut ke aplikasi web server. Jika web server dapat memenuhi  request tersebut, dia akan mengirimkan HTTP response ke browser dan memberikan status sukses semacam HTTP/1.0 200 OK.

Web browser akan mengurai kode HTML, menerjemahkannya serta menuliskan teks yang terkandung di dalam halaman web ke layer.

Banyak halaman web juga mengandung konten lain seperti gambar, script, CSS, dll. Browser akan membuat HTTP request tambahan pada web server untuk hala tersebut. Ketika browser menerima konten tersebut dan menampilkannya ke layar.

Bagaimana HTTP Bekerja

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol agar client dan server bisa berkomunikasi dengan gaya request-response. HTTP menentukan bagaimana format pesan dan bagaimana cara pengirimannya, serta bagaimana web server dan browser beraksi dan bereaksi terhadap berbagai perintah.

Contoh sebuah client (browser) mengirim HTTP request ke server. Kemudian server mengirimkan respon kepada client. Respon tersebut mengandung status tentang request tersebut dan konten yang di-request.

Oke sobat, mungkin itulah yang dapat saya sampaikan tentang Mengenal Apa Itu World Wide Web?. Semoga artikel diatas bisa bermamfaat. Terima Kasih.

0 Response to "Mengenal Apa Itu World Wide Web? Berikut Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel